Selamat Datang Di Kelas Produktif Teknik Komputer Jaringan

15 April 2020

Apa Yang Dimaksud Pemrograman Web







Pemrograman merupakan sekumpulan intruksi atau perintah tertulis yang di buat oleh manusia sendiri, dan di buat secara logis untuk memerintahkan komputer agar melakukan langkah atau proses tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah. Web sendiri merupakan sebuah halaman atau media informasi yang dapat diakses dengan perangkat lunak browser melalui jaringan komputer atau internet. Jadi, pemrograman web adalah proses membuat aplikasi komputer yang dapat digunakan atau ditampilkan dengan bantuan browser.

Contoh dari hasil pemrograman web sendiri, yaitu :
  • Gmail
  • Google Maps
  • Flickr
  • Dan Facebook
Untuk cara kerja pemrograman web, sebaiknya sobat mengetahui tentang HTML dulu, kalau sebenarnya HTML itu bukan bahasa pemrograman tetapi HTML merupakan bahasa penandaan yang terdiri dari TAG (markup language). Jadi, HTML itu hanya mendeskripsikan bagian tertentu dalam sebuah halaman website, yang isinya harus di tampilkan oleh browser dengan cara tertentu sob. Setelah mengetahui HTML selanjutnya bagaimana? Selanjutnya, pemrograman web itu hanya melakukan dengan menyisipkan perintah diantara TAG HTML. Contoh sederhananya :

<html>
<head>
<title>Judul </title>
</head>
<body>
<p> Hi, terima kasih sudah berkunjung </p>
</body>
</html>
 

 Dengan adanya pemrograman web anda dapat melakukan seperti :
  • Membuat halaman web yang dinamis dengan perintah - perintah yang cukup sederhana dan dapat menghasilkan informasi yang beragam.
  • Melakukan interaksi, sehingga dapat memperoleh informasi yang sobat butuhkan. Contoh : Pencarian, pengiriman data dan lain - lain.
  • Berhubungan dengan beragam basis data atau database. Contoh : Oracle, mysql, sql server dan lain - lain.

Tidak ada komentar: