Selamat Datang Di Kelas Produktif Teknik Komputer Jaringan

29 April 2015

Laporan Jaringan PT Netrom Solusindo Bandung



LAPORAN PENELITIAN KOMUNIKASI DATA
ANALISIS JARINGAN KOMPUTER
(Studi Kasus : PT. Netkrom Solusindo Bandung)
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Komunikasi Data







Di susun oleh :

Ahmad Sarippudin
Deden Rizal M


FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MAJALENGKA
2015







LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN KOMUNIKASI DATA
ANALISIS JARINGAN KOMPUTER
 (Studi Kasus : PT. Netkrom Solusindo Bandung)
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Besar Mata Kuliah
Komunikasi Data

Disusun oleh :
Kelompok 7

NPM
Nama
        Kelas
13.14.1.0001
Ahmad Saripudin
TIF 4B
13.14.1.0121
Deden Rizal Mantopani
TIF 4B






Mengesahkan,
Dosen Matakuliah
Komunikasi data



Tri Ferga Prasetyo, S.T.,M.Kom




  
KATA PENGANTAR

 Segala puji kita panjatkan kehadirat allah  SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Laporan Penelitian Komunikasi Data”. Laporan ini di susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Komunikasi Data dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Setelah penyusun mengadakan penelitian di PT. Netkrom Solusindo, maka data yang diperoleh penyusun dapat di susun semaksimal mungkin sehingga terbentuk tugas besar ini. Walaupun begitu, penyusun menyadari bahwa  dalam penyusunan laporan ini sangat jauh dari sempurna baik dari segi kata, bahasa, isi, maupun bentuknya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun penyusun nantikan, untuk sebagai pelajaran dalam membuat laporan selanjutnya.
Dan penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini berkat adanya bantuan bapak dan ibu dosen serta rekan-rekan, tanpa bantuannya tidak mungkin selesai pembuatan laporan ini. Karena itu penyusun sampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Drs. H. Riza.Muhammad S.T.,S.E., M.T, selaku Dekan Fakultas Teknik.
2.      Deffy Susanti, S.T., M.Kom, selaku Ketua Prodi.
3.      Tri Ferga Prasetyo,S.T.,M.Kom selaku Dosen Pengampuh Mata Kuliah Komunikasi data.
4.      Bapak dan Ibu Dosen Universitas Majalengka, serta teman-teman yang telah menbantu dalam proses pembuatan tugas besar ini.
5.      Ayahanda dan Ibunda yang telah memberikan dukungan baik secara materil  maupun moril dalam proses pembuatan tugas besar ini

Semoga laporan ini dapat menjadi pelajaran yang mampu membangkitkan minat dan mendorong kekreatifan pembaca dan kekreatifan lainnya. Dan penulis harapkan semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan umumnya bagi para pembaca, Amin.


Majalengka, April 2015

Penulis





DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR.................................................................................................. vi
DAFTAR TABEL...................................................................................................... vii

BAB I      PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang...................................................................................... 1
1.2     Identifikasi Masalah.............................................................................. 3
1.3     Batasan Masalah................................................................................... 3
1.4     Rumusan Masalah................................................................................. 3
1.5     Tujuan Penelitian................................................................................... 4
1.6     Manfaat Penelitian................................................................................ 4      
1.7     Metode Penelitian................................................................................. 5
1.8     Jadwal Penelitian ................................................................................. 6
1.9     Sistematika Penulisan ........................................................................... 6

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
2.1     Komunikasi Data............................................................................ ...... 8
2.2     Metode Komunikasi Data.............................................................. ...... 9
2.2.1        Klasifikasi Komunikasi Data.............................................. ...... 9
2.2.2        Komponen Komunikasi Data............................................. .... 10
2.3     Model Komunikasi Data................................................................     10
2.4     Manfaat Komunikasi Data............................................................. .... 12

BAB III   OBJEK PENELITIAN
                                 3.1     Lokasi PT. Netkrom Solusindo .......................................................... 15
                                 3.2     Profil PT. Netkrom Solusindo............................................................. 16
                                 3.3     Struktur Organisasi PT. Netkrom Solusindo....................................... 17
BAB IV   PERANCANGAN JARINGAN
                                 4.1     Arsitektur Teknologi Jaringan PT. Netkrom Solusindo.................. .... 18
                                                 4.1.1.            Rancangan Jaringan.............................................................18
                                                 4.1.2.            Rancangan Jaringan lantai I................................................ 19
                                                 4.1.3.            Rancangan Jaringan Komputer Antar Kota.................... .... 19
                                 4.2     Pengajuan Arsitektur Teknologi Jaringan.......................................      20

BAB V   RENCANA ANGGARAN BIAYA(RAB)
                                 5.1     Perangkat yang Dibutuhkan................................................................ 21
                                 5.2     Spesifikasi Perangkat.......................................................................... 22

BAB VI   PENUTUP
                                 6.1     Kesimpulan..................................................................................... .... 26
                                 6.2     Saran-saran..................................................................................... .... 26
DAFTAR  PUSTAKA............................................................................................... 27






 
DAFTAR GAMBAR

Halaman
1.      Gambar 1.1 Jadwal penelitian.................................................................... ...... 6      
2.      Gambar 1.2 Jadwal penelitian........................................................................... 6
3.      Gambar 3.1 Lokasi PT. Netkrom Solusindo.............................................. .... 15
4.      Gambar 3.2 Lokasi PT. Netkrom Solusindo.............................................. .... 16
5.      Gambar 3.3 Struktur Organisasi................................................................. .... 17
6.      Gambar 4.1 Jaringan Komputer Lantai I.................................................... .... 18
7.      Gambar 4.3 Jaringan Komputer Lantai II.................................................. .... 18
8.      Gambar 4.4 Jaringan Komputer Antar Kota.............................................. .... 19
9.      Gambar 4.5 Pengajuan Arsitektur Teknologi Jaringan............................... .... 20






DAFTAR TABEL

Halaman
1.      Tabel 5.1 Perangkat yang digunakan......................................................... .... 21
2.      Tabel 5.2 Spesifikasi Perangkat...................................................................... 22




BAB I
PENDAHULAN
  1.1            Latar Belakang

            PT Netkrom Solusindo Bandung merupakan pusat cabang dari PT. Netkrom Solusindo jakarta, setelah sukses dan berkembang pesat dalam usahanya yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology) PT. Netkrom Solusindo didirikan oleh Bapak Hendra Sjarifudin berawal dari usaha keluarga pada tahun 1980, yang  dimulai dari usaha kecil-kecilan, yang berfokus dalam  pengembangan keahlian serta pengetahuan dari sumber daya manusia  (SDM) di mana saat itu keluarga Hendra Sjarifudin pindah dari kota asal Cibadak Sukabumi ke Bandung. Usaha yang dilakukan selama di Bandung adalah Jasa pemasangan wireles dan fiber optic konsultan untuk Infrastuktur jaringan, System window dan linux serta solusi data center team.

            Usaha yang di lakukan oleh Bapak Hendra Sjarifudin membuahkan hasil yang gemilang terbukti pada tahun 1991 Hendra Sjarifudin mendirikan suatu lembaga yang diberi nama netkrom solusindo Ternyata lembaga yang didirikan ini mendapat sambutan yang begitu luas oleh masyarakat sekitar sehingga lembaga perusahaan ini mengalami pekembangan yang cukup besar. Konon nama netkrom solusindo diambil sebagai sulusi perkembangan suatu jaringan yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology) yang berkecimpung dalam dunia IT secara khusus. PT.Netkrom Solusindo yang memiliki komitmen dan konsisten usaha yang bisnis utamanya adalah berfokus pada pengembangan keahlian serta pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM).


            Pada tahun 2002 lembaga PT.Nektrom solusindo Bandung yang dalam hal ini sebagai pusat awal keberhasilan terus mengalami kemajuan yang pesat sehingga PT.Nektrom solusindo  membangun suatu cabang yang letaknya di daerah Jakarta dengan pucuk pimpinan Hendra Sjarifudin sendiri dan dibantu oleh keluarganya. Kemajuan demi kemajuan mulai terlihat semenjak Hendra Sjarifudin memegang pucuk pimpinan ini, terbukti dengan beriring nya pengembangan Jasa dalam bidang jaringan, System Windows dan Linux serta solusi Data Center Team PT Netkorm Solusindo didukung oleh SDM professional yang telah berpengalaman dan telah mendapatkan sertifikasi internasional yang sesuai dengan bidangnya masing-masing dan tidak hanya itu, seiring beriringnya waktu dan terus berkembang nya PT. Netkrom solusindo telah membuat jasa baru yaitu Training Center Internasional Solusi Hardware IBM dan Software terhadap Client Corporate Software untuk solusi Healthcare.

            Selang beberapa tahun berlangsung Bapak Hendra Sjarifudin membangun satu lagi cabang yang ada di Riau karena dalam hal ini wilayah riau yang pada sa’at itu masih sedikit dalam pengguna suatu jaringan yang akan memberikan peluang besar untuk kedepanya apabila lembaganya dapat berdiri di tempat itu. Dan pada tahun 2005 lembaga PT. Netkrom solusindo sudah resmi di bangun dalam rangka untuk membangun jasa yang bergerak di bidang IT (Information Technology). Dan sampai pada saat ini lembaga perusahan tersebut masih berdiri, dengan perkembangan yang dilaluinya mengakibatkan lembaga ini mempunyai suatu peran penting dalam membangun serta mengembangkan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak di bidang IT (Information Technology) secara umum.





  1.2            Identifikasi Masalah
Dalam pembuatan laporan ini penulis mengidentifikasi 3 permasalahan yang akan diteliti yaitu diantaranya :
1.      Mengetahui cabang jaringan PT. Netkom Solusindo;
2.      Mengetahui topologi jaringan yang digunakan di PT. Netkom Solusindo;
3.      Mengetahui rencana anggaran biaya (RAB) PT. Netkrom Solusindo.

  1.3            Rumusan Masalah
Permasalahan utama yang diangkat dalam laporan ini adalah:
1.         Bagaimana cabang jaringan PT. Netkom Solusindo;
2.         Bagaimana topologi jaringan yang digunakan di PT. Netkom Solusindo;
3.         Berapa rencana anggaran biaya (RAB) PT. Netkrom Solusindo.

  1.4            Tujuan Penelitian
Dengan hadirnya laporan ini diharapkan dapat membantu atau menambah pengetahuan pembaca tentang :
1.        Cabang jaringan PT. Netkom Solusindo;
2.         Topologi jaringan yang digunakan di PT. Netkom Solusindo;
3.         Rencana anggaran biaya (RAB) PT. Netkrom Solusindo.






  1.5            Batasan Masalah
Dalam pembahasan laporan ini untuk lebih terarah pada sasaran yang sesuai dengan tujuannya maka penulis akan membatasi permasalahan sebagai berikut:
1.         Hanya untuk mengetahui cabang jaringan PT. Netkom Solusindo;
2.         Hanya untuk mengetahui topologi jaringan yang digunakan di PT. Netkom Solusindo;
3.         Hanya untuk mengetahui rencana anggaran biaya (RAB) PT. Netkrom Solusindo;
4.         Hanya menggunakan Cisco Paket Tracer untuk membuat contoh topologi jaringannya.

  1.6            Manfaat Penelitian
Adapun beberapa manfaat dari hasil penyusunan laporan ini yaitu sebagai berikut :
1.         Manfaat teoritis, menambah pengetahuan tentang komunikasi data terutama topologi jaringan, secara lebih mendalam dan mendetail;
2.         Manfaat secara praktis dari hasil penyusunan laporan ini, diharapkan memberikan informasi yang cukup bagi para pembaca dan stakeholder terkait penyajian laporan ini.







  1.7            Metode Penelitian
Metode penelitian sangat menentukan suatu penelitian, karena menyangkut cara yang benar dalam pengumpulan data, analisa data dan pengambilan kesimpulan hasil penelitian. Adapun metode peneltian yang penulis gunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalah yang terjadi adalah:
1.      Observasi yaitu pencarian data / informasi dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti;  
2.      Wawancara  yaitu memperoleh data dengan mengadakan tanya jawab langsung dengan pihak-pihak yang mengetahui konfigurasi access point tersebut;  
3.      Metode penelitian kepustakaan (Library Research Method) merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan topik permasalahan dari judul yang penulis buat. Hal ini dilakukan dengan cara membaca buku-buku, makalah, bahan kuliah maupun artikel-artikel untuk mendapatkan landasan teoritis yang mencukupi;  
4.      Metode penelitian lapangan yaitu metode dengan melakukan browsing melalui internet dengan melihat website-website yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.









  1.8            Jadwal Penelitian
Gambar 1.1 Jadwal penelitian
Gambar 1.2 Jadwal penelitian

  1.9            Sistematika Penulisan
Sistematika Penulisan dari laporan ini adalah sebagai berikut :  
BAB I :  PENDAHULUAN Dalam bab ini berisikan latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, jadwal penelitian dan  sistematika penulisan.  
BAB II :  LANDASAN TEORI Dalam bab ini diuraikan sekilas teori mengenai dasar-dasar komunikasi data dan juga topologi jaringan.  
BAB III :  OBJEK PENELITIAN Dalam bab ini diuraikan mengenai lokasi, profil perusahaan dan juga struktur PT. Nekrom Solusindo. 
BAB IV : PERANCANGAN JARINGAN  Dalam bab ini akan diuraikan tentang jaringan komputer yang dipakai di perusahaan tersebut, dan pengajuan arsitektur jaringan yang akan membantu untuk memperbaiki jaringan yang sudah ada. 
BAB V :  RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)  Pada bab ini akan diuraikan tentang pengeluaran yang diperlukan untuk membuat sebuah arsitektur jaringan yang akan dibuat.
BAB IV :  PENUTUP Pada bab ini akan diuraikan tentang kesimpulan dari penelitian yang dibuat serta saran-saran untuk mengembangkan arsitektur jaringan.









BAB II
LANDASAN TEORI
  2.1            Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti computer / laptop / printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pengertian lain komunikas data yaitu transmisi data elektronik melalui beberapa media (kabel coaksial, fiberoptik, mikrowave dsb). sistem yang mungkin terjadinya transmisi data sering disebut sebagai jaringan komunikasi data Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
1.      Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
2.      Melalui Satelit 
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
  2.2            Metode Komunikasi Data
1.      Simplex
Simplex yaitu komunikasi satu arah, pengirim hanya bisa mengirim pesan ke penerima dan tidak dapat menerima pesan && penerima hanya dapat menerima pesan dari pengirim dan tidak dapat mengirim pesan (Contoh : Radio, Televisi, dll).
2.      Half-Duplex
Half duplex yaitu komunikasi dua arah, pengirim dan penerima masing – masing dapat mengirim dan menerima pesan tetapi secara bergantian (Contoh : Walkie Talkie, Chatting, dll).
3.      Full-Duplex
Full duplex yaitu komunikasi dua arah seperti Half-Duplex, tetapi penerima dan pengirim dapat mengirim dan menerima pesan secara bersamaan dalam satu waktu (Contoh : Telepon, Video Call, dll).

2.2.1.   Klasifikasi Komunikasi Data
1.      Komunikasi Audio
Komunikasi Audio yaitu jenis komunikasi yang hanya memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk suara (Contoh : Radio, Voice Mail, dll).
2.      Komunikasi Video
Komunikasi Video yaitu jenis komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk gambar (Contoh : Big Screen yang menampilkan iklan di kota – kota, dll).
3.      Komunikasi Audio & Video
Komunikasi Audio & Video yaitu komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk suara dan gambar sekaligus (Contoh : Televisi, Video Call, dll).

4.      Komunikasi Data
Komunikasi Data yaitu komunikasi yang mana informasi yang dikirimkan dan diterima berupa data digital (Contoh : Aplikasi Internetworking pada jaringan komputer)

2.2.2.   Komponen Komunikasi Data
1.      Receiver / Penerima
Receiver / Penerima,  penerima data / informasi yang dikirim oleh sender.
2.      Sender / Pengirim
Sender / Pengirim, pengirim data / informasi yang selanjutnya akan diterima oleh receiver.
3.      Message / Pesan
Message / Pesan data yang dikirim oleh sender.
4.      Media Transmisi
Media Transmisi media yang dibutuhkan oleh data / informasi yang dikirim oleh sender agar sampai ke receiver (Contoh : Kabel, udara, dll).
5.      Protocol 
Protocol aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih device agar dapat berkomunikasi (Contoh : IEEE 802.11 standar yang digunakan untuk jaringan local menggunakan wireless).

  2.3            Model Komunikasi Data
Berdasarkan bentuk-bentuk penerapannya, sistem komunikasi data dapat berupa Off-line, Communication System,  dan On-line Communication System.
1.      Sistem Komunikasi Off-Line
Offline Communication System adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolah data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses ke CPU (Central Processing Unit).
Data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. Di tempat tujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal, data disimpan ke alamat perekam seperti pada disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekam ini, nantinya dapat diproses oleh komputer. Jenis-jenis peralatan yang diperlukan dalam offline communication system, yaitu terminal, modem, sistem komputer dan jalur komunikasi.
2.      Sistem Komunikasi On-Line
Online Communication System dapat berbentuk :
A.    Realtime system
Sistem Real Time merupakan suatu sistem pengolahan data yang membutuhkan tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi. Pada sistem Real Time, pengolahan data harus berpusat pada CPU yang relatif besar karena sistem ini didukung dengan sistem operasi yang rumit dan sistem aplikasi yang panjang dan kompleks.
B.     Batch processing system
Batch Processing System merupakan teknik pengolahan data dengan menumpuk data terlebih dahulu dan diatur pengelompokan data tersebut dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Jadi pada dasarnya, sistem ini akan memproses suatu data setelah data itu terkumpul atau tertumpuk telebih dahulu



C.    Timesharing system
Time Sharing System adalah suatu teknik penggunaan online sistem oleh beberapa pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat input/output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian.
D.    Distributed data processing system
Distributed Data Processing System dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan setiap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.
  2.4            Manfaat Komunikasi Data
Banyak sekali manfaat dari komunikasi data. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari komunikasi data antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Dan berikut contoh manfaat dari penerapan komunikasi data :



1.      Penerapan komunikasi data dalam Perusahaan
       Penerapan komunikasi data banyak digunakan para usahawan.Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi Komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
2.      Penerapan komunikasi data dalam Dunia Bisnis 
Dalam dunia bisnis Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
3.      Penerapan Komunikasi data dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
4.      Penerapan Komunikasi data dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
5.      Penerapan  Komunikasi data dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
6.      Penerapan komuniasi Data Terhadap Kehidupan Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.




BAB III
OBJEK PENELITIAN
              3.1            Lokasi PT. Netkrom Solusindo
Peta sekitar “PT.NETKROM SOLUSINDO (Badung)” peta di bawah berdasarkan Google Map, dan ada kemungkinan tidak sama persis sesuai yang ditunjukkan Google Map ini dengan aslinya.
Gambar 3.1 Lokasi PT. Netkrom Solusindo

Gambar 3.2 Lokasi PT. Netkrom Solusindo
              3.2            Profil Perusahaan
PT Netkrom Solusindo Bandung adalah salah satu lembaga dari 3 cabang yang ada di indonesia, yang bergerak di bidang IT (Information Technology) secara umum, dan berfokus pada pengembangan keahlian serta pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkecimpung dalam dunia IT secara khusus. PT Netkrom Solusindo memberikan Training IT dengan mengeluarkan sertifikasi Internasional PT .Netkrom Solusindo Bandung berfokus pada :
·         Training Center Internasional
·         Solusi Hardware IBM dan Software terhadap Client Corporate Software untuk solusi Healthcare
·         Jasa Pemasangan Wireless dan Fiber Optic
·         Consultant untuk Infrastucture Jaringan , System Windows dan Linux serta
·         Solusi Data Center
Team PT.Netkrom Solusindo Bandung didukung oleh SDM professional yang telah berpengalaman dan telah mendapatkan sertifikasi internasional yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dan dengan adanya dukungan dan kerjasama dari partner serta tenaga yang profesional, besar harapan PT Netkrom Solusindo untuk dapat berbagi informasi, pengalaman dan teknologi yang paling tepat dan optimal bagi para client / customer PT Netkrom Solusindo.
              3.3            Struktur Organisasi
Gambar 3.3 Struktur Organisasi



BAB IV
PERANCANGAN JARINGAN
  4.1            Arsitektur Teknologi Jaringan PT. Netkrom Solusindo
Dalam jaringan, arsitektur komputer sangatlah penting, karena apabila arsitektur komputer tersebut dirancang dengan baik dan tersusun seperti semestinya, maka hasil jaringannyapun akan sangat baik. Dan berikut adalah arsitektur jaringan komputer yang ada di PT. Netkrom solusindo bandung
                              4.1.1.     Rancangan Jaringan PT.Netkrom Solusindo Bandung lantai I
Gambar 4.1 Jaringan Komputer Lantai I
Gambar 4.2 Jaringan Komputer Lantai II
                                          4.1.2.            Jaringan Komputer Antar Kota
Gambar 4.4 Jaringan Komputer Antar Kota


  4.2            Pengajuan Arsitektur Teknologi Jaringan
Gambar 4.5 Pengajuan Arsitektur Teknologi Jaringan






BAB V
Rancangan Anggaran Biaya(RAB)

  5.1            Perangkat yang dibutuhkan
Dalam merencanakan suatu proyek, adanya rencana anggaran biaya merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Rencana anggaran biaya disusun berdasarkan dimensi dari berbagai alat-alat yang dibutuhkan dalam peroyek, yang akan disusun secara rinci untuk mengetahui biaya dari keseluruhan alat yang diperlukan. Pada bab ini diuraikan perhitungan-perhitungan rencana anggaran biaya dari mulai pekerjaan perhitungan harga satuan biaya. Mulai dari computer, printer, wireless acces point (sispoint), hub, server, radio tower, scanner,, projector, dan kabel-kabel. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dihitung berdasarkan sumber data harga yang ada di internet.

NO
Nama barang
Harga satuan
Jumlah barang
Jumlah harga
1

Server IBM System X3650M4-C3A

44.500.000
3
133.500.000
2
Computer intel core I3
4.500.000
22
99.000.000
3
Printer canon pixma
550.000
6
3,300.000
4
Akses point
350.000
3
1,050.000
5
Hub
400.000
3
1,200.000
6
Radio tower
500.000.000
3
1,500.000.000
7
s/canner
425.000
1
425.000
8
Projector
7.200.000
1
7.200.000
9
Kabel UTP
3.300/ meter
1000 meter
3.300.000
Total
1.748.975.000

Tabel 5.1 Perangkat yang dibutuhkan

  5.2            Spesifikasi Perangkat
No
Nama Alat
Spesifikasi
Gambar


1


Server IBM System X3650M4-C3A
Xeon E5-2602v
8GB DDR3-1333 ECC RDIMM
VGA Matrox G200
4x GbE NIC Rackmount 2U Case



2










Computer
Processor Intel Core i3 2120
Memory 1GB DDR3 Up to 8GB
VGA Intel HD Graphics 4500
Integrated high-definition audio
500 GB HDD
6x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
Keyboard + Mouse optic Scroll



3


Printer canon pixma
Print
Scan
Kecepatan standar ICO A4 sampai 4.0 Ipm (Warna)
8.0 Ipm (Mono)



4



Hub Cisco SF300-24
24 Port
10/100 mbps
2 port combo Gigabit SFP
2 port RJ45 Gigabit
Switching sampai 12,8 Gbps.



5



Projector BenQ
3000 Ansi Lumens
Resolusi Full HD 1080P
Kontras Rasio 10.000 : 1
Blue Ray Full HD 3D Supported
USB Display



6




Kabel UTP Cat 5e belden
UTP Cable Type CAT 5e High Quality 
Connector Type RJ-45 
Texture Type Straight   
Connection Applicable Switch Hub, Modem ADSL, Wifi Access Point
Length: 1.2meter(4Feet)Weight 54gr



7



Akses point
Wireles N Accsess point
802.11b/g/n
2,4 Ghz
300Mbps




 8




Router Cisco RV016
Technology load balancing and failover
Secure access at the heart of a small business network
Supports 16 10/100 wired connections for fast network transfers
Supports load balancing and failover redundancy on up to seven
ports
Cisco reliability and 3-year limited hardware warranty




9


Switch Cisco  2960-24PS


8-port UTP, 10/100Mbps, Auto-sensing, Unmanaged

Tabel 5.2 Spesifikasi Perangkat


BAB VI
PENUTUP
  6.1            Kesimpulan
1.      Topologi jaringan yang digunakan pada  PT.Netkrom Solusindo (Bandung) adalah topologi ring.
2.      Peralatan  jaringan  yang  digunakan  antara  lain Server IBM System X3650M4-C3A, Computer intel core I3, Printer canon pixma, Akses point, Hub, Radio tower, scanner, Projector, Kabel UTP
3.      PT.Netkrom Solusindo (Bandung) menggunakan  OPManager  untuk  memonitoring  jaringan  LAN,  MAN  dan  seluruh  jaringan  yang  terkoneksi  dalam  ruang  lingkup  PT.Netkrom Solusindo Bandung
4.      Fungsi  utama  pada  jaringan  PT. Netkrom Solusindo Bandung digunakan  adalah  jaringan  local  /  intranet.  Karena  hampir  semua  aplikasi  yang  digunakan  dalam  menunjang  pelaksanaan  kegiatan  perusahaan  terhubung  dalam  jaringan  local  /  intranet.
  6.2            Saran-saran
1.      Perlunya  penggantian  beberapa  perangkat  keras  vital  demi  terciptanya  kelancaran  penggunaan  jaringan  untuk  beberapa  aplikasi  yang  berhubungan  dengan proses bisnis perusahaan. 
2.      Perlunya  pemberian  pendalaman  materi  bagi  mahasiswa  khususnya  konsentrasi  komputer  dan  informatika  tentang  jaringan komputer pada penerapannya di  hardware dan software. 


DAFTAR PUSTAKA
http://www.netkromsolution.com
PT Netkrom solusindo Bandung Jl. Cikuta baru raya no 28, jawa barat Kode Pos 40124.
Contact person : +62 857-2037-2244