1.11 Latihan Soal-Soal Pendahuluan IMK
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan
Komputer ) ?
2. Jelaskan
perbedaan antara IMK dan User Interface ?
3. Jelaskan
definisi Ergonomi itu?
4. Mengapa
faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
5. Sebutkan
dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
6. Apa saja yang terlibat dalam IMK?
7. Sebenarnya
antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan
tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan
computer?
9. Sebutkan
dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
10. Jelaskan tentang hubungan manusia , komputer dan
interaksi dalam IMK?
2.12
Latihan Soal-soal Faktor Manusia
1.
1. Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah ...
1. Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah ...
a. Biru,
hitam, hijau
b. Kuning,
putih, hitam
c. Putih,
biru, cyan
d. Merah,
kuning, biru
2. Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa...
a.
Sentuhan
b.
Penglihatan
c.
Suara
d.
Perasa
3. Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
a. Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan
menunggu untuk waktu yang lama
b. Selalu ada hiburang yang menarik perhatian
pada layer
c. Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan
ke arah solusi
d. Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya
yang cenderung lamban
4. Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas :
a.
Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
b.
Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai
cepat dan bebas kesalahan
c.
Perancangan sistem sulit, perancang harus membuat sistem transparan
sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang tugasnya
d.
Kecepatan kinerja penting tetapi kesalahan operator ditoleransi
5. Dari jenis pekerjaan mana yang paling memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
a.
Pemasukan data
b.
Pekerjaan interaktif
c.
Akusisi data
d.
Pengolahan kata
6. Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
a.
Pemasukan data
b.
Pekerjaan interaktif
c.
Akusisi data
d.
Pengolahan kata
7. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a.
Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task
sederhana
b.
Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you
sure you want to exit this program?”
c.
Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah
sendiri
d.
Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat
diselesaikan dengan lebih cepat
jawabannya :
download disini