Selamat Datang Di Kelas Produktif Teknik Komputer Jaringan

13 Oktober 2015

SOAL – SOAL TUGAS MODUL BAB I DAN BAB II



1.11  Latihan Soal-Soal Pendahuluan IMK



1.    Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan
     Komputer ) ?


2.    Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface ?

3.    Jelaskan definisi Ergonomi itu?

4.    Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?


5.    Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?

6.    Apa saja yang terlibat dalam IMK?


7.    Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?

8. Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?


9.    Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?

10. Jelaskan tentang hubungan manusia , komputer dan interaksi dalam IMK?








2.12 Latihan Soal-soal Faktor Manusia
1.       
1. Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah ...
a.       Biru, hitam, hijau 
b.      Kuning, putih, hitam
c.       Putih, biru, cyan
d.      Merah, kuning, biru


2.    Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan  berupa...
       a.  Sentuhan
       b.  Penglihatan
       c.  Suara
       d.  Perasa


3.    Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
           a.  Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
           b.  Selalu ada hiburang yang menarik perhatian pada layer
           c.  Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan ke arah solusi
           d.  Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lamban


4.  Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan,  manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas :
  a.  Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
 b.  Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas      kesalahan
 c.  Perancangan sistem sulit, perancang harus membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang tugasnya
 d.  Kecepatan kinerja penting tetapi kesalahan operator ditoleransi


5.    Dari jenis pekerjaan mana yang paling memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
       a.  Pemasukan data
       b.  Pekerjaan interaktif
       c.  Akusisi data
       d.  Pengolahan kata
 

6.    Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
       a.  Pemasukan data
       b.  Pekerjaan interaktif
       c.  Akusisi data
       d.  Pengolahan kata


7.    Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
    a.  Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
    b.  Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want to exit this program?”
    c.  Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
   d.  Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat











jawabannya :
download disini